INFO DPD REI

Rumah Murah Masih Dominasi Pasar

Administrator | Senin, 23 Januari 2017 - 11:40:04 WIB | dibaca: 494 pembaca

SAMARINDA – Pasar properti di Kaltim diyakini bakal lebih cerah tahun ini. Meski begitu, peta pasar diperkirakan belum banyak berubah. Sebagian besar pengembang masih bakal menggantungkan cash flow lewat penjualan di segmen menengah ke bawah.

Ketua Umum Real Estat Indonesia (REI) Kaltim Arif Rahman Hakim mengatakan, rumah murah bersubsidi yang diprogramkan pemerintah masih menjadi andalan pengembang tahun ini. Yang penting bagi developer, kata dia, adalah tetap memiliki proyek agar cash flow terjaga.

Sedangkan untuk segmen produk komersial, dia menilai belum bisa banyak beranjak. “Namun, tetap berharap. Jangan sampai, baru 2018 penjualan rumah menengah ke atas bisa tumbuh. Tahun ini bisa tumbuh, walaupun kelihatannya masih sama dengan tahun lalu,” kata Arif. 

Dominasi penjualan rumah bersubsidi itu, diperkirakan Arif, berlangsung setidaknya sampai pertengahan tahun ini. Sementara sampai akhir tahun, REI Kaltim memperkirakan, penjualan properti secara umum akan tumbuh di kisaran 15 persen, dengan hampir seluruhnya disumbang segmen menengah.  Sedangkan rumah mewah, dalam hal ini, kisaran Rp 1 miliar ke atas, diperkirakan belum dapat tumbuh signifikan.
Sumber: kaltim.prokal.co