Kilas Berita

Agar Rumah Tetap Aman Saat Musim Hujan

Administrator | Selasa, 08 Mei 2018 - 15:25:08 WIB | dibaca: 81 pembaca

Foto: Istimewa

Musim hujan segera tiba. Bagi sebagian orang, datangnya musim hujan berbanding lurus dengan bertambahnya kekhawatiran terhadap hal-hal yang akan menimpa hunian mereka, seperti atap yang bocor, rembesan air pada dinding dan lantai, bahkan banjir. Guna meminimalisasi kekhawatiran akan hal tersebut, perlu dilakukan antisipasi agar rumah Anda aman saat musim hujan nanti tiba. Berikut beberapa tips yang dapat diaplikasikan untuk memproteksi rumah sehingga tetap aman kala hujan turun.

PERIKSA ATAP RUMAH
Pemeriksaan terhadap bagian atap rumah sering kali terabaikan. Kesadaran akan hal ini baru dirasa perlu ketika terjadi kebocoran saat musim hujan tiba. Untuk mengantisipasi hal tersebut, lakukan pengecekan secara berkala, minimal dua kali dalam setahun, terhadap atap rumah Anda. Pemeliharaan rutin terhadap atap ini akan membuat kekhawatiran Anda akan kebocoran saat musim hujan hilang. Saat pemeriksaan, pastikan tidak ada keretakan di bubungan atap, tidak adanya lubang pada talang air, serta tidak adanya genting yang pecah serta lapuk. Jika perlu, lapisi atap dengan cat anti-air (waterproof).

PERIKSA DINDING RUMAH
Dinding rumah tak jarang mengalami rembesan air, terlebih jika dinding rumah Anda berdempetan dengan rumah tetangga. Untuk itu, pastikan talang air terpasang dengan sempurna. Cegah dinding rumah Anda dari kelembapan berlebih. Jika perlu, lakukan pengecatan ulang dengan menggunakan cat anti-air (waterproof).

PERIKSA SALURAN AIR
Saluran air yang tersumbat akan menimbulkan masalah yang cukup serius ketika musim hujan tiba. Biasanya, hal ini baru disadari ketika volume air yang tinggi saat musim hujan tidak mampu melewati saluran air, sehingga air meluap ke luar saluran. Mumpung hujan belum turun secara intens, ada baiknya dilakukan pemeriksaan terhadap saluran pembuangan air di rumah Anda. Perhatikan air yang mengalir tidak kembali ke rumah Anda.

PINTU DAN JENDELA
Posisi pintu, terutama jendela, tak jarang selalu terjangkau oleh tempias dari cucuran atap, terlebih jika hujan yang turun disertai dengan angin kencang. Untuk menghindari air hujan menyusup melalui celah pintu dan jendela, pastikan kedua bagian tersebut dapat tertutup dengan rapat. Di bagian teras, barangkali bisa dibangun atap yang lebar. Adapun, kanopi dapat dibuat di bagian jendela untuk mengantisipasi masuknya air hujan.

MEBEL DAN PERALATAN ELEKTRONIK
Banjir adalah dampak terburuk dari tingginya intensitas hujan saat musimnya tiba. Jika hunian Anda berada di daerah yang rawan banjir, segera lakukan inventarisasi terhadap perabotan dan peralatan elektronik Anda. Amankan barangbarang tersebut ke tempat yang lebih tinggi. Jangan tunggu hujan atau banjir untuk melakukan hal tersebut guna meminimalisasi hal-hal yang tidak diinginkan. TPW/berbagai sumber