TOPIK KHUSUS

Bakti dan Kasih REI untuk Masyarakat

Administrator | Rabu, 14 November 2018 - 10:28:12 WIB | dibaca: 30 pembaca

Panas terik, ba'da Shalat Jumat (13/4/2018) tidak menyurutkan minat warga untuk berkumpul di Desa Rambak, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka. Disitu kegiatan sosial dalam rangka HUT REI ke-46 digelar, antara lain bedah rumah dan penyerahan sertifikat tanah gratis untuk masyarakat Bangka Belitung.

Acara tersebut disaksikan langsung oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya, Gubernur Babel Erzaldi Rosman, Kepala Kanwil ATR/BPN Provinsi Babel Iwan Taruna Isa, Ketua Umum DPP REI Soelaeman Soemawinata, Sekretaris Jenderal DPP REI Totok Lusida, Ketua Panitia Penyelenggara HUT REI Adri Istambul Lingga Gayo, sejumlah pengurus inti DPP REI, serta Ketua DPD REI se-Indonesia.

Sekretaris Jenderal DPP REI, Totok Lusida mengungkapkan program bedah rumah dan penyerahan sertifikat tanah gratis bagi warga kurang mampu merupakan bagian dari rangkaian HUT REI ke-46, sebagai bentuk kepedulian REI terhadap masyarakat berpenghasilan rendah.

Secara keseluruhan ada 46 unit rumah yang dibedah, namun simbolik diserahkan 6 unit dahulu.

“Ini adalah bagian dari program CSR. Lewat aksi bedah rumah ini diharapkan semakin mendorong semangat sosial anggota REI, sehingga keberadaan REI semakin bermanfaat bagi masyarakat luas,” ungkap Totok.

Dia mengatakan lokasi 46 rumah itu terletak di beberapa titik di Bangka Belitung. Bantuan bedah rumah itu merupakan sumbang dari anggota REI dan beberapa sponsor lainnya.

Ketua DPD REI Babel, Thomas Djusman menyebutkan, kriteria penerima bantuan bedah rumah ini merupakan keluarga yang tidak mampu, dan diutamakan yang sudah lansia karena tidak bisa membangun rumah dan berpenghasilan rendah. Menurut dia, biaya untuk membedah satu rumah rata-rata sekitar Rp 49 juta.

“Kami di Babel melakukan verifikasi secara cermat sehingga penerima bantuan tepat sasaran. Kami juga meminta masukan dari berbagai pihak, melakukan survei dan verifikasi langsung kepada calon penerima bantuan bedah rumah,” jelas Thomas.

Selain penyerahan simbolik rumah yang sudah “dibedah”, di kesempatan yang sama juga dilakukan pembagian sertifikat tanah kepada ratusan masyarakat. Lewat program bantuan ini, diharapkan masyarakat sadar betapa pentingnya sertifikasi tanah bagi jaminan kepastian kepemilikan hak atas tanah. Selain itu sertifikat tanah juga dapat dijadikan agunan di bank untuk modal usaha masyarakat.

Puncak HUT REI ke-46 dilakukan Jumat (13/4/2018) malam dengan konsep beach party di Dholpin Park, Tepian Pantai Tanjung Pesona Beach Resort Sungailiat. Dihadiri Menteri Pariwisata Arief Yahya, Dirjen Pembiayaan Perumahan Kementerian PUPR Lana Winayanti, Gubernur Babel Erzaldi Rosman, Ketua Umum Himbara yang juga Dirut Bank BTN Maryono serta sejumlah senior REI.

Gala dinner ditutup dengan aksi panggung grup band papan atas Slank. Kaka Cs tampil memukau di hadapan ribuan anggota REI dengan membawakan 10 lagu hits mereka diantaranya lagu berjudul Ku Tak Bisa, Tong Kosong dan Virus. Aksi panggung Slank berakhir, ditutup dengan lagu berjudul Kamu Harus Pulang.

Sayonara, sampai bertemu kembali pada puncak perayaan HUT REI ke-47 tahun 2019 di Malang, Provinsi Jawa Timur. (Rinaldi)