Kilas Berita

Bank BTN Tingkatkan Penyaluran Kredit Properti di Bogor

Administrator | Selasa, 15 Mei 2018 - 15:51:26 WIB | dibaca: 141 pembaca

Sebagai salah satu daerah di Jabodetabek yang memiliki potensi besar sebagai kawasan hunian, pertumbuhan kredit properti di kawasan Bogor cukup baik. Kondisi itu dilirik banyak bank penyalur kredit properti, salah satunya PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk.

Executive Vice President Non Subsidized Mortgage Lending Division Bank BTN, Suryanti Agustinar mengungkapkan pihaknya terus meningkatkan penyaluran kredit properti khususnya KPR/KPR di wilayah Bogor. Saat ini sekitar 60 persen porsi pembiayaan BTN berada di kawasan Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi), dimana dari angka itu persentase Bogor sekitar 20 persen.

“Kami akan genjot lagi penyaluran KPR/KPA di Bogor dengan semakin maraknya pembangunan proyek properti di sini. Saat ini pembiayaan perumahan BTN di Bogor, hampir 80% masih didominasi KPR, sisanya KPA,” kata Suryanti kepada wartawan di Bogor usai topping off proyek Apartemen Gardenia Bogor, baru-baru ini.

Dia menambahkan, pertumbuhan kredit properti di daerah tersebut setiap tahun cukup signifikan yakni berkisar 15-20 persen. Hal itu karena kawasan Bogor semakin diminati sebagai tempat tinggal apalagi ditunjang kondisi alamnya yang masih asri, dan ditunjang moda transportasi yang baik seperti commuterline. Dimana penyaluran kredit untuk kepemilikan apartemen menjadi salah satu yang saat ini cukup diandalkan BTN di Bogor. 

Untuk itu, dalam upaya meningkatkan penyaluran kredit, khususnya apartemen, BTN memberikan banyak program maupun promo. Seperti yang dilakukan di Apartemen Gardenia Bogor besutan Takke Group, bank memberikan uang muka ringan mulai dari 10% dan bunga khusus 8% (tetap) untuk tiga tahun pertama, kemudian 9% untuk tahun keempat.

“Selain itu bunganya floating (mengambang mengikuti fluktuasi bunga pasar di counter Bank BTN). Banyak yang tadinya cicil langsung ke pengembang (tunai bertahap), dialihkan ke kredit BTN,” ujar Suyanti.

Adapun dari Januari hingga Juni 2017, Bank BTN telah menyalurkan KPR dan dukungan pembiayaan perumahan sebanyak lebih dari 370 ribu unit atau sebesar Rp 39 triliun atau 56% dari target perseroan tahun ini sebanyak 666 ribu unit.

Marketing Director Apartemen Gardenia Bogor, Bobby Nasution mengatakan cukup terbantu dalam memasarkan proyek apartemen tersebut dengan adanya dukungan penuh pembiayaan dari perbankan, salah satunya Bank BTN. Menurut dia, sebagian besar pembeli apartemen tersebut membeli dengan menggunakan fasilitas KPA, dimana mayoritas pembeli unit di apartemen yang mereka pasarkan adalah warga Bogor.

Takke Group telah melakukan prosesi topping off atau tutup atap tower Raflesia dan tower Bougenvile di proyek Apartemen Gardenia, Bogor, akhir September lalu. Selanjutnya pengembang ini akan memulai pengerjaan tahap finishing, sehingga target serah terima unit pada pertengahan 2018 dapat terpenuhi. RIN