Jalan-Jalan

Batu, Keindahan Swiss di Pulau Jawa

Administrator | Selasa, 14 Mei 2019 - 10:14:41 WIB | dibaca: 17 pembaca

Foto: Istimewa

Kota Batu, nama kota kecil nan indah di Provinsi Jawa Timur itu kian tersohor. Berada di ketinggian 700 hingga 2.000 meter di atas permukaan laut (ketinggian rata-rata 871 meter dpl) menjadikan kota ini sangat sejuk dan nyaman untuk beristirahat menghabiskan masa liburan. Ya, rata-rata suhu udara di sini mencapai 11-19 derajat Celsius.

Batu sudah lama dikenal sebagai tempat peristirahatan. Layaknya Bogor untuk Jakarta atau Lembang untuk Bandung, kawasan ini pun sudah dikagumi kalangan berada sejak masa kolonial khususnya yang tinggal di Malang Raya. Keindahan dan keelokan alam Batu membuat wilayah ini disejajarkan dengan sebuah negara di Eropa yaitu Swiss dan dijuluki sebagai De Kleine Zwitserland atau Swiss Kecil di Pulau Jawa. Hingga saat ini kesohorannya tetap bertahan.

Dahulu, Kota Batu merupakan bagian dari Kabupaten Malang, yang kemudian ditetapkan menjadi kota administratif pada 6 Maret 1993. Kemudian pada 17 Oktober 2001, Batu ditetapkan sebagai kota otonom yang terpisah dari Kabupaten Malang. Kota ini terletak 90 kilometer sebelah barat daya Kota Surabaya atau 15 km sebelah barat laut Malang.

Perkembangan kota yang begitu pesat, juga bertautan dengan semakin banyaknya investasi masuk terlebih di sektor pariwisata. Banyak tempat wisata alam atau wahana rekreasi yang sekarang ada di Kota Batu, yang tentu layak dikunjungi bersama keluarga.

Bagi Anda dari luar Jawa Timur tentu tidak perlu khawatir, karena dapat mengunjungi Batu dari dua Bandar udara yakni Bandara Abdul Rachman Saleh Malang dan Bandara Juanda Surabaya. Jadi, yuk berlibur ke Batu!

Coban Talun
Bagi para Instagrammer wajib mengunjungi spot wisata alam yang satu ini. Banyak spot cantik, ngehits dan tidak bisa ditemukan di tempat lain yang bisa kalian ambil fotonya dan upload ke akun kalian. Lokasinya berada di Desa Tulungrejo, Bumiaji, Kota Batu.

Jatim Park
Tak lengkap rasanya jika berlibur ke Kota Batu Malang tapi tak berkunjung ke Jatim Park. Wisata yang satu ini menjadi wisata yang wajib dikunjungi keluarga saat berlibur ke Malang.

Jatim Park merupakan wahana serta tempat rekreasi dan taman belajar, jaraknya hanya 20 kilometer dari Kota Malang. Jatim Park dibagi menjadi tiga yaitu Jatim Park 1, Jatim Park 2 dan terbaru Jatim Park 3.

Jatim Park 1 lebih ditujukan sebagai spot bermain serta hiburan, sedangkan Jatim Park 2 lebih ditujukan sebagai tempat belajar berbagai hal mulai dari satwa, ilmu alam, biologi dan sebagainya.

Terdapat dua menu wisata andalan yang terdapat di Jatim Park 2 yakni Batu Secret Zoo dan Eco Green Park, bukan hanya itu bahkan di tempat ini juga terdapat sebuah museum satwa yang wajib anda nikmati oleh para wisatawan yang berwisata ke tempat ini.

Sementara Jatim Park 3 adalah wisata yang mengandalkan Taman Dino atau Dino Park sebagai wisata unggulan.

Taman Wisata Selecta
Wisata alam dengan dominasi bunga aneka warna tentu akan membuat liburan Anda semakin menyenangkan. Suasana taman ini sangat asri dan adem bukan hanya enak dilihat tetapi juga efektif untuk menenangkan pikiranmu yang jenuh. Tersedia juga water park bagi keluarga Anda.

Paralayang Area
Paralayang Area merupakan spot yang asik untuk menikmati pemandangan Kota Batu. Berada di ketinggian alam Songgokerto, Anda dapat menguji adrenalin dengan terbang paragliding menikmati tenangnya Kota Batu. Untuk kalian yang tidak ingin terbang, banyak spot foto yang keren untuk dilewatkan.

Museum Angkut
Kata siapa museum itu membosankan? Museum Angkut ini tidak membosankan, karena menyimpan berbagai jenis alat transportasi dari yang antik hingga yang paling canggih. Terdiri dari beberapa zona, seperti zona edukasi, Italia, Inggris, Prancis, Batavia, dan zona negara-negara lainnya.

Wawasan sejarah Anda akan bertambah, dan tentunya mendapat banyak sekali spot untuk diupload di akun media sosial. Asyikkan?

Museum ini buka mulai dari pukul 12 siang hingga 8 malam. Namun lebih disarankan datang pada sore hari, karena udara tidak terlalu terik. Lokasi Museum Angkut berada di Jalan Terusan Sultan Agung, Kota Batu.

Labirin Coban Rondo
Cobalah pengalaman unik dengan menyusuri labirin Coban Rondo. Tapi hati-hati tersesat ya!

Anda yang memiliki rasa penasaran tinggi mungkin bisa mengunjungi Coban Rondo ketika sedang berada di Batu. Lokasinya berada di daerah Pandesari, Pujon, Malang.

Selain bisa bermain di air terjunnya, saat ini Coban Rondo sudah memiliki satu lagi objek wisata yaitu taman labirin yang bisa menjadi spot menarik untuk Anda berfoto ria. Jangan lupa untuk singgah menikmati kopi di Kafe Daun Cokelat yang berada di kawasan ini.

Disarankan untuk beramai-ramai memasuki taman labirin sehingga tidak merasa tersesat sendirian, meski pun sebenarnya pihak pengelola sendiri mengatakan bahwa taman labirin ini hanya diubah satu kali dalam seminggu.

Desa Wisata Pujon Kidul
Bagi Anda yang ingin merasakan alam pedesaan, tempat wisata ini layak untuk dicoba. Di Desa Wisata Pujon Kidul, Anda bisa menikmati persawahan yang hijau dan pegunungan yang sangat cantik. Di sini juga ada kafe sawah yang bisa menjadi spot foto terbaik.

Wisata Petik Apel
Selain terkenal sebagai kota wisata Kota Malang dan Kota Batu juga terkenal dengan kota penghasil apel terbaik di Jawa Timur. Untuk Anda yang ingin merasakan buah apel namun bisa memetik sendiri, rasakan sensasinya di kawasan Wisata Petik Apel. Lokasinya berada di Lereng Gunung Arjuno di Kecamatan Bumiaji, Kota Batu.

Petiklah buah apel sepuasnya, dan kemudian langsung dinikmati. Suasana dan pemandangan di sekitarnya juga sejuk dan indah karena ada di lereng gunung. (Rinaldi)