TOPIK KHUSUS

Roadshow FIABCI Global Business Summit 2018

Dari Negeri Paman Sam hingga Pulau Formosa

Administrator | Senin, 11 Februari 2019 - 16:00:31 WIB | dibaca: 144 pembaca

Roadshow promosi terus dilakukan, tidak saja oleh Ketua Umum DPP REI yang juga Presiden FIABCI Asia Pasifik Soelaeman Soemawinata yang menggaungkan event tersebut di Pulau Formosa (Taiwan), namun REI khusus menugaskan Wakil Ketua Umum DPP REI bidang Hubungan Luar Negeri, Rusmin Lawin untuk mengadakan roadshow ke beberapa benua untuk mengaungkan event bergengsi sejagad tersebut kepada para pelaku usaha dan investor di industri realestat se-dunia.

Menurut Rusmin, dirinya memulai roadshow dari Amerika Serikat dalam rangka mengkampanyekan FIABCI Global Business Summit 2018 di Bali, sekaligus memperkenalkan salah satu program prioritas Presiden Joko Widodo (Jokowi) di sektor pariwisata yakni 10 Bali Baru.

Dalam lawatan di negeri Paman Sam yang berlangsung dari 9-23 Juli 2018 tersebut, tokoh muda properti tersebut menyinggahi Los Angeles, Santa Ana, San Diego, New York, Miami, Silicon Valley dan San Fransisco.

“Selain mempromosikan FIABCI Global Business Summit 2018 di Bali, di berbagai event di AS tersebut REI juga memaparkan potensi ekonomi, rencana pengembangan sektor pariwisata serta peluang investasi properti di Indonesia,” ungkap Rusmin Lawin yang saat ini juga menjabat sebagai FIABCI World Board Member (Dewan Eksekutif Dunia) yang berpusat di Paris.

Di Los Angeles, Rusmin mempromosikan Bali Summit di AREAA Super Summit 2018 yang diselenggarakan oleh Association Real Estate of Asia America (AREAA) Los Angeles yang dihadiri sekitar 400 peserta dari dalam dan luar Amerika Serikat.

Di Santa Ana, California, Rusmin melakukan lobi terhadap pengurus Santa Ana Chamber of Commerce agar bisa berpartisipasi di acara Bali Summit. Di San Diego, California, REI mempromosikan event besar di Bali tersebut dengan mengadakan jamuan cocktail yang diikuti sekitar 50 orang pengurus dari San Diego Real Estate Association and Mexico Real Estate Association (San Diego berbatasan langsung dengan Mexico-red).

Di New York, dia mengikuti High Level Political Forum for Sustainable Developments Goals 2108 yang diselenggarakan oleh PBB dan UN Habitat di Kantor Pusat PBB di New York dari 9-18 Juli 2018. Kunjungan ke beberapa developer yang berbasis di New York juga dilakukan seperti ke DDG Group, Elad Group dan Delancy Street Associates Group.

Salah satu sesi yang menarik adalah Happy Cities with people participation by CPI Index-Perception yang diselenggarakan oleh FIABCI Dunia bekerjasama dengan UN Habitat yang menampilkan para pembicara dari berbagai negara termasuk Vice President FIABCI Asia Pacific Rusmin Lawin.

Di Miami, Rusmin Lawin didaulat sebagai International Gateway Speaker di coctail reception party yang diselenggarakan oleh FIABCI Miami dan berkempatan mengunjung beberapa proyek prestisius seperti Park Gro-ove dan Elysee Miami.

Di Silicon Valley, event campaign digelar di kantor SILVAR (Silicon Vallley RealEstate Association) di depan sekitar 100 orang pengurus dan anggota SILVAR, serta satu lagi digelar di sela-sela acara AREAA Silicon Valley yang digelar di Capital Club.

Lanjut ke Orange County, promosi dilakukan di acara Luxury Property Show yang digelar oleh AREAA Orange County di Pelican Hill Resort yang dihadiri oleh sekitar 500 peserta dari dalam dan luar Amerika Serikat. Roadshow pamungkas dilakukan Rusmin Lawin di Kota San Francisco yang dihadiri oleh pengurus FIABCI San Francisco dan San Francisco Realtor Asssociation yang dikoordinir oleh Alina Aeby.

Lobi Bank Dunia
Selain mengadakan roadshow campaign FIABCI Global Business Summit Bali 2018 dan 10 Bali Baru, “Menlu” REI ini juga ditugaskan untuk melakukan lobi khusus ke pejabat-pejabat teras Bank Dunia (World Bank) untuk mendapatkan dana murah bagi percepatan pembangunan rumah murah di Tanah Air.

Menurut dia, FIABCI Dunia sudah menyetujui dibentuknya Affordable Housing Working Group bersama UN Habitat dan akan memulai world campaign yang diberinama “Our City Must be Affordable”. (Rinaldi)