Berita

LAHAN KOSONG DI SEGITIGA EMAS PLUS

DKI Terapkan Pajak 2 Kali Lipat!

Administrator | Rabu, 15 Mei 2019 - 10:45:17 WIB | dibaca: 76 pembaca

Anda yang memiliki lahan kosong di ialan protokol di DKI dan dibiarkan menganggur, bersiaplah untuk membayar pajak bumi dan bangunan dua kali lipat lebih besar pada tahun ini dibandingkan dengan tahun lalu. 

 

Gaubemur DKI Jakarta Anies Baswedan baru ja mengLirahltan ft,raturan Nomor 41 Tahun 2019 ientang Pengenaan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan kepada Wajib Pajak Orang Pribad1 ,Mas Objek Pajak Bangunan Berupa Rumah un-tuk Tahun Pajak 2019. 

 

Salah satu poin yang menjadi pembahasan terbaru dalam peraturan gubemur tersebut adalah kebljakan terkait dengan lahan-lahan kosong di jalan protokol dl lakarta. Jalan protokol yang disebutkan dalarn pergub Itu adalah Jalan M.11. Thamrin, Jalan Jenderal Sudir-man, Jalan Rasuna Said, lalan Jenderal Gatot Subroto, dan Jalan M.T. Haryono. 

 

Kawasan tersebut. keeuah .M.T. Haryono, selama hd dikenal sebagai area segitiga emas di Jakarta karena sebaglan besar aktivhas bisnis, keuangan, dan diplomatik berada dl daerah ini. 

 

Menurut Anies, di lokasi tersebut banyak lahan kosong yang belum di manfaatkan. 

 

Oleh kare itu, pergub dibuat agar lahan-lahan kosong tersebut jelas peruntukan kegiatannya, tidak menjadi sarang hewan liar, dan mnimbulkan masalah kesehatan, keamanan, serta parkir liar. 

 

Gubernur memberi tiga pilihan kepada pemilik lahan kosong yang umumnya dimiliki swasta. 

 

Pertama, lahan dibiarkan kosong, tetapi pemilik lahan harus membayar pajak bumi dan bangunan (PBB) naik menjadi dua kali lipat. 

 

Kedua, lahan kosong tersebut bias segera dibangun sehingga PBB yang dibayar tetap tidak berubah. 

 

 

Sumber: 

 

Bisnis Indonesia

 

Selasa, 30 April 2019

 

Hal: 7

 

Link:

 

https://drive.google.com/file/d/13pqZYAP6i6gU_1OItE0kVGr2JN0Gmu6v/view?usp=sharing