Kilas Berita

Gandeng Pengembang Daerah Bangun Rumah Murah

Administrator | Kamis, 07 Juni 2018 - 14:05:37 WIB | dibaca: 106 pembaca

PT Intiland Development Tbk menjalin kerjasama kemitraan dengan pengembang daerah dalam program tanggung jawab sosial perusahaan. Intiland secara resmi meneken kontrak dengan tiga pengembang daerah yakni PT Menara Tinggi Bertumbuh, PT Cipta Griya Sriwijaya, dan PT Multi Bangun Realtindo.

Di tahap pertama, Intiland mengalokasikan lahan seluas satu hektar di Pacitan, Jawa Timur, untuk pengembangan 106 unit rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Melalui sinergi ini, diharapkan proyek tersebut dapat berjalan efisien dalam tiga bulan ke depan.

Sekretaris Perusahaan yang juga Head of CSR Intiland, Theresia Rustandi mengatakan setiap pengembang memiliki keahlian masingmasing yang tidak dapat dipaksakan, sehingga dengan saling bermitra akan terjadi transfer modal maupun keahlian yang efisien.

“Pengembang sangat mendukung Program Sejuta Rumah yang dicanangkan pemerintah pusat. Begitu pula dengan program kemitraan ini diharapkan akan mempercepat penyelesaian defisit hunian sekarang,” ujar dia kepada wartawan, baru-baru ini.

Direktur Utama PT Menara Tinggi Bertumbuh, Tomi Wistan menambahkan kerjasama kemitraan ini akan memungkinkan pembangunan rumah bagi MBR di setiap wilayah. Sebab, sebagai pengembang yang berbasis di Medan, Sumatera Utara, perusahaannya tidak menutup kemungkinan menangkap adanya peluang membangun di daerah lain.

“Tak hanya itu, dengan kerja sama pengembang besar, pembangunan di daerah juga akan berpotensi menghasilkan hunian dengan standar kualitas nasional,” ujar Tomi.

Menurut dia, kemitraan ini juga dapat menjadi solusi bagi pengembang anggota REI untuk memenuhi syarat hunian berimbang, dimana sebagian besar anggota REI saat ini telah berkontribusi mewujudkan program sejuta rumah.

Tomi melihat kerja sama kemitraan ini dapat menjadi energi positif yang dapat diikuti pengembang lainnya anggota REI. Pengembang besar memiliki kekuatan modal sedangkan pengembang menengah dan kecil memiliki pengalaman untuk membangun hunian murah.

Bahkan pada kesempatan itu, Hendro Gondokusumo sebagai Presiden Direktur PT Intiland Development Tbk menjanjikan untuk menambah areal pengembangan untuk dikerjasamakan sebagai bukti Intiland mendukung Program Sejuta Rumah. RIN