Kilas Berita

Hunian Bernuansa Negeri Sakura Dibangun di Jababeka

Administrator | Kamis, 07 Juni 2018 - 11:33:22 WIB | dibaca: 92 pembaca

PT Kawasan Industri Jababeka Tbk melalui anak usahanya PT Grahabuana Cikarang menyiapkan investasi sekitar Rp 300 miliar untuk pengembangan tahap awal Kawana Golf Residence (KGR).

Perusahaan menggandeng developer dari negeri Sakura Jepang, yaitu Creed Group untuk mewujudkan kawasan hunian tersebut. Jababeka memang dikenal sebagai pengembang properti nasional yang berpengalaman menggandeng investor asal Jepang dalam pengembangan proyek properti sejak 1996.

Perseroan menginvestasikan dana hingga Rp 300 miliar dan akan mulai dibangun pada awal 2018 dan diproyeksikan bisa mulai beroperasi pada 2019. Presiden Direktur PT Grahabuana Cikarang (Jababeka Residence) Sutedja S Darmono yakin, dari segi lokasi, proyek KGR sangat prospektif. Sebab, proyek tersebut berdekatan dengan infrastruktur yang tengah di bangun pemerintah.

Infrastruktur tersebut nantinya akan terintegrasi dengan fasilitas bisnis dan komersial, seperti superblok Plaza Indonesia Jababeka yang pembangunan tahap satunya ditargetkan selesai pada tahun 2019, JR Connexion, Hollywood Junction, dan lain-lain.

“Kita sangat diuntungkan karena pemerintah saat ini memfokuskan pengembangan infrastruktur di timur Jakarta, khususnya area Jababeka, seperti KRL Commuter Line dan Stasiun Cikarang sudah beroperasi sejak 8 Oktober lalu. Pembangunan jalur LRT Cawang-Bekasi Timur dan jalan tol layang (elevated toll road) yang sudah terlihat di sepanjang Tol Jakarta-
Cikampek, rencana kereta cepat (high speed train) Jakarta-Bandung, serta rencana MRT Balaraja-Cikarang,” ujar Sutedja kepada wartawan, baru-baru ini.

Terletak di kawasan Jababeka Golf City, yang merupakan bagian dari Jababeka Residence, KGR mengusung konsep kearifan lokal Jepang serta golf resort. Lokasi kawasan ini sangat strategis dan dikelilingi oleh Jababeka Golf & Country Club

Dalam proyek KGR, Creed Group berperan dalam pengembangan desain eksterior dan interior, quality control pembangunan, dan manajemen gedung. Dengan demikian, diharapkan budaya Jepang yang mengutamakan kualitas dan disiplin waktu diterapkan dalam pengerjaan proyek ini.

KGR memasarkan 3 tipe unit, yaitu Studio (26,55 m² semi gross), 1 Bedroom (35,57 m² semi gross), dan 2 Bedroom (62 m² semi gross). Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 1 miliar untuk tipe 1 Bedroom. Adapun metode pembelian unit di KGR ini dapat dilakukan dengan cara tunai keras, tunai bertahap, dan KPA.

Menurut Sutedja, pengembangan residensial dan komersial yang saat ini gencar dilakukan perseroan merupakan peluang emas bagi investor ataupun end user yang ingin berinvestasi di Jababeka. Sebab, Jababeka Residence menawarkan capital gain dan rental yield hingga 12 persen per tahun. TPW