Kilas Berita

Intiland Beri Bantuan Rumah Layak Huni di Tangerang

Administrator | Rabu, 14 Februari 2018 - 15:35:05 WIB | dibaca: 18 pembaca

Pengembang properti PT Intiland Development Tbk melalui Yayasan Intiland (Intiland Foundation) memulai proses serah terima bantuan rumah layak huni kepada warga masyarakat Kampung Pekong, Desa Saga, Kabupaten Tangerang.

Penyerahan bantuan ini merupakan bagian dari rangkaian program Intiland Teduh, sebuah aksi kepedulian dan tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility/CSR) yang bertujuan memberikan bantuan kepada masyarakat kurang mampu untuk memiliki hunian yang layak.

Prosesi serah terima bantuan dilakukan secara simbolik oleh manajemen Intiland dan Habitat for Humanity Indonesia kepada warga setempat pada 5 Agustus 2017 di lokasi pembangunan yang berada di Kampung Pekong, Balaraja, Tangerang.

Habitat sebagai mitra Intiland Foundation dalam program ini merupakan lembaga nirlaba yang berpengalaman dalam pelaksanaan program pembangunan dan penyaluran bantuan rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di sejumlah daerah Indonesia melalui program Bantuan Pengembangan Rumah Layak Berbasis Komunitas.

Theresia Rustandi, Corporate Secretary Intiland yang sekaligus menjadi Head of CSR Intiland mengatakan perseroan berkomitmen untuk membantu masyarakat mendapatkan kehidupan yang nyaman melalui program ini. Adapun pelaksanaan bantuan difokuskan bagi warga masyarakat yang tinggal di sekitar pengembangan proyek-proyek perseroan. “Intiland selalu ingin tumbuh bersama masyarakat yang tinggal di sekitar lokasi pengembangan proyek. Pemilihan lokasi pemberian bantuan di Desa Pekong, karena dekat dengan Talaga Bestari, kawasan perumahan yang kami kembangkan di daerah Cikupa,” kata Theresia dalam siaran persnya.

Intiland Foundation dan Habitat bekerjasama dan melibatkan secara langsung kepala desa, kelurahan, dan tokoh masyarakat setempat untuk menentukan warga yang berhak menerima bantuan. Melalui program bantuan ini, Intiland Foundation membangun dan memberikan bantuan sebanyak 25 rumah layak huni bagi warga terpilih serta dilengkapi 1 unit fasilitas sanitasi publik.

Proses pembangunan rumah dan fasilitas telah dimulai pada 25 Maret 2017 dengan melibatkan sejumlah pihak dan sukarelawan yang berasal dari karyawan Intiland, relawan Habitat, serta partisipasi aktif dari warga setempat. Setiap keluarga yang menerima bantuan rumah juga turut berpartisipasi langsung dalam proses pembangunan rumah yang akan diterimanya.

Theresia menjelaskan, kebijakan untuk melibatkan keluarga penerima bantuan dan warga setempat bertujuan untuk menumbuhkan rasa memiliki dan membentuk komunitas desa yang terpadu. Mendukung hal ini, Habitat menyelenggarakan program pelatihan mengenai cara-cara mengelola rumah yang sehat serta penyuluhan mengenai kebersihan dan gaya hidup sehat. RIN