AKTUAL

Jokowi Tinjau Perumahan Subsidi Milik Anggota REI di Balikpapan

Administrator | Rabu, 20 Desember 2017 - 09:47:18 WIB | dibaca: 211 pembaca

Pemerintah kembali menegaskan komitmennya untuk menyukseskan program Pembangunan Sejuta Rumah (PSR) dengan membangun lebih banyak rumah rakyat di seluruh indonesia. Hal itu dibuktikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan mengunjungi sejumlah proyek rumah subsidi di daerah yang sebagian besar dibangun anggota realestat indonesia (REI).

Kamis (13/7/2017) di tengah terik matahari, Presiden Jokowi meninjau Peru-mahan Pesona Bukit Batuah di Batu Ampar, Balikpapan, Kalimantan Timur. Perumahan bersubsidi ini dibangun developer anggota Realestat Indonesia (REI) PT Karya Pama Marga Abadi. Selain melihat langsung kondisi rumah yang dibangun, kepala negara berkesempatan menyaksikan akad kredit massal ratusan masyarakat yang sudah membeli unit rumah di perumahan tersebut. 

Turut mendampingi Presiden Jokowi saat meninjau, antara lain Ibu Negara Iriana Jokowi, Menteri BUMN Rini Soemarno, Sekretaris Negara Pratikno, Dirjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Syarif Burhanuddin, Gubernur Kali-mantan Timur Awang Faroek Ishak, Dirut Bank BTN Maryono, Ketua Umum DPP REI Soelaeman Soemawinata, Ketua DPD REI Kalimantan Timur Arief Rahman Hasyim dan Direktur Utama PT Karya Pama Marga Abadi, Edy Djuwadi. 

Jokowi menambahkan bahwa rumah un-tuk MBR yang disubsidi pemerintah baik uang mukanya maupun bunga kreditnya itu akan terus dibangun di seluruh Indonesia. Pemerintah setiap tahun akan menambah terus kebutuhan anggaran untuk subsidi, tergantung kebutuhan di lapangan. 

“Banyak masyarakat bilang program (rumah rakyat) ini sangat membantu. Kemarin kita sudah resmikan perumahan untuk MBR di Cikarang (Jawa Barat) dan sekarang di Balikpapan. Nanti menyusul kota-kota lainnya, “ kata Jokowi. 

Jokowi mengaku puas dengan kualitas rumah yang dibangun PT Karya Pama Marga Abadi yang merupakan anggota asosiasi REI. “Saya kira ini cukup layak huni. Lumayan bagus kok. Tetapi jangan dibandingkan dengan rumah komersial yang mewah, ini kan sifatnya rumah tumbuh. Yang pasti tadi saya dengar rakyat senang bisa membeli rumah terjangkau,” ujar Jokowi.
 
Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Syarif Burhanuddin meminta agar pengembang terus membangun rumah yang berkualitas bagi MBR. Terlebih dengan adanya bantuan Prasarana dan Sarana Umum (PSU) seperti jalan lingkungan dan drainase oleh Kementerian PUPR diharapkan meningkatkan kualitas kawasan hunian perumahan subsidi.

“Saya berterimakasih kepada pengembang terutama REI yang terus berjuang memasok rumah layak huni bagi masyarakat di seluruh Indonesia,” ujar dirjen. 

PERLUAS LAHAN 
Pengembang Perumahan Pesona Bukit Batuah, Edy Djuwadi menyebutkan, perumahan bersubsidi yang dia bangun dan ditinjau Pre-siden Jokowi memiliki luas 43 hektare, dan nantinya total akan dibangun sebanyak 4.000 unit. Saat ini 2.000 unit sudah terjual, dan 500 unit diantaranya sudah terbangun bahkan dihuni masyarakat. 

Harga jual rumah dipatok sekitar Rp 128 juta hingga Rp 135 juta. “Kehadiran bapak presiden tentu suatu kejutan yang luar biasa buat saya dan memacu semangat saya untuk terus membangun rumah bersubsidi seperti yang beliau harapkan,” ujar Edy yang juga Ketua Komisariat REI Balikpapan itu. 

Dia berharap nantinya masih bisa melaku-kan perluasan lahan perumahan hingga 100 hektare, sehingga lebih banyak rumah yang dapat dibangun. Pengembang juga akan melengkapi berbagai fasilitas terutama sarana pen-didikan. Selain di Batu Ampar, Edy juga sudah membangun perumahan subsidi di beberapa lokasi di Balikpapan, salah satunya di Penajam.

“Memang untuk margin tipis sekali, tetapi pasar dan kebutuhan masyarakat cukup tinggi. Kalau kita ulet, saya kira rumah subsidi ini masih bisa ditekuni,” ungkap dia. Meski persiapan diakui mendadak, Edy mengaku sangat senang semua acara dapat berjalan lancar, bahkan Presiden Jokowi menilai bangunan rumah yang dibangunnya cukup baik dan layak huni. RIN