Kilas Berita

Kemenpar Promosikan Pariwisata Indonesia di KL

Administrator | Selasa, 31 Oktober 2017 - 10:34:55 WIB | dibaca: 620 pembaca

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menawarkan banyak skema investasi di sektor pariwisata Indonesia kepada 100 investor potensial dalam acara 2rd Indonesia Investment Forum di Kuala Lumpur, beberapa waktu lalu.

Ketua Pokja Percepatan Destinasi Prioritas Kemenpar Hiramsyah S Thaib mengatakan kegiatan ini difasilitasi oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) bersama Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Malaysia. Dia memaparkan materi berjudul Tourism Development Investment Opportunity in Indonesia dihadapan 100 investor potensial dari berbagai negara.

“Kami berharap informasi yang disampaikan memberikan hasil optimal berupa investasi di kawasan pariwisata Indonesia,” ujar Hiramsyah dalam siaran persnya.

Even ini, tambah dia, sebenarnya merupakan kelanjutan dari acara BKPM Investment Regional Forum di Bali pada tahun lalu yang juga dihadiri oleh Menpar Arief Yahya dan Ketua BKPM Thomas Lembong.

Hiramsyah mengungkapkan investasi di sektor pariwisata adalah ujung tombak baru dari upaya pemerintah untuk meningkatkan penanaman modal. Meski diakui untuk menarik investasi di sektor pariwisata tersebut yang tidak kalah penting yakni infrastruktur pendukung.

“Prospek sektor ini sangat besar bila melihat data-data yang ada. Pertumbuhan investasi terus berkembang. Kita akan genjot terus dari tahun ke tahun,” ujar dia.

Turut memberikan paparan pada acara 2rd Indonesia Investment Forum di Kuala Lumpur tersebut antara lain Arie Prasetyo (Dirut BOPD Toba), Edwin Darmasetiawan (Direktur Pengembangan usaha KEK PT ITDC), Fachrully (Dirut KEK PT Banten West Java Tanjung Lesung), Alan Ye (GM KEK PT Jababeka Morotai), Berry Darmaputra (Direktur Pengembangan usaha KEK Tanjung Kelayang), Andre Darmono (Kawasan Industri Kendal), Rusmin Lawin (Investment Advisor KEK Sei Mangkei), dan Johanes Mardjuki (Managing Director Kawasan Industri Java Integrated Industrial and Ports Estate/JIIPE ).

Selama lima tahun terakhir kontribusi sektor pariwisata pada total realisasi investasi berada di level 2,2% atau Rp 51,2 triliun. Dari data BKPM tahun 2016 investasi sektor pariwisata PMDN mencapai Rp 2,2 triliun, sementara PMA Rp 12,8 triliun, sehingga total investasi sektor pariwisata Rp 15 triliun. TPW