TOPIK UTAMA

Kota Masa Depan Dunia yang Menakjubkan

Administrator | Jumat, 09 Maret 2018 - 13:59:06 WIB | dibaca: 186 pembaca

Banyak negara di dunia saat ini berlomba-lomba menghadirkan kota-kota baru yang berkonsep masa depan (future city). Entah atas dasar kesadaran untuk membangun kota-kota berkelanjutan yang lebih ramah lingkungan atau mungkin sekadar untuk kebanggaan semata. Tidak hanya mempercantik diri secara visual, namun kota-kota masa depan itu juga menyiapkan infrastruktur dan teknologi yang mutakhir sebagai bagian dari gaya hidup masyarakatnya, sehingga sering disebut juga dengan kota pintar (smart city).

Lalu, dimana saja kota masa depan dunia yang menakjubkan yang kini akan dan sedang dibangun? Berikut future city yang dirangkum dari berbagai sumber.

Kepulauan Khazar, Azerbaijan
Pulau Khazar atau Pulau Kaspia merupakan pulau buatan yang dibangun 25 km sebelah selatan Kota Baku, Azerbaijan. Kota masa depan ini sekarang sedang dibangun dan direncanakan selesai pada 2022. Di sana nantinya akan menjadi rumah bagi satu juta penduduk, 150 sekolah, 50 rumah sakit, universitas, pusat perbelanjaan, rumah sakit, lapangan balap formula 1 hingga Menara Azerbaijan, yang akan menjadi gedung tertinggi dunia.

The King Abdullah Economic City, Arab Saudi
Kota ini akan dibangun di samping Laut Merah, 100 kilometer utara Kota Jeddah, pusat komersial Kerajaan Arab Saudi. Pembangunan kota ini akan dikerjakan oleh Dubai Emaar Properties, salah satu perusahaan real estat terbesar di dunia. Total pembangunan proyek ini pun mencapai 67 mil, sehingga tak salah jika kota ini selesai dibangun luasnya akan mengalahkan Washington DC.

Gujarat International Finance Tec-City, India
Ini adalah distrik bisnis yang dibangun di Gujarat, India. Pembangunan proyek ini membutuhkan lahan seluas 986 hektar. Area ini, nantinya akan memiliki Kawasan Ekonomi Khusus KEK), zona pendidikan internasional, kota-kota yang terintegrasi, zona hiburan, hotel, taman teknologi dan bursa.

Songdo International Business District, Korea Selatan
Songdo International Business District (SIBD) merupakan sebuah kota yang dibangun di atas lahan reklamasi seluas 1.500 hektar, disana nantinya akan dibangun gedung-gedung perkantoran dengan kelas dunia, perumahan, rumah sakit, sekolah dan fasilitas pendidikan. Kota ini pun dibangun dengan konsep green living, dimana 40 persen lahan kota akan dialokasikan untuk ruang terbuka hijau. Kota ini pun menggunakan sistem perpipaan bawah tanah untuk pembuangan limbah kota.

Madinat Al-Hareer, Kuwait
Madinat al-Hareer merupakan sebuah kota yang dibangun di Subiya, sebelah utara Kuwait, kota yang dibangun seluas 250 km tersebut nantinya akan diisi beragam proyek properti seperti perumahan, pusat pendidikan, pusat kesehatan, bandara hingga gedung pencakar langit Burj Mubarak Al-Kabir setinggi 1.001 meter.

The World Islands, Dubai, UEA
Proyek ini merupakan kepulauan buatan manusia, yang dibangun di lepas pantai Dubai, Uni Emirat Arab. Di area tersebut nantinya akan dibangun 300 pulau yang dirancang mirip seperti peta dunia. Nantinya lahan di sini akan dipenuhi dengan berbagai proyek properti mewah seperti resort mewah, restoran mewah, serta hunian mewah yang dapat “mengambang”di atas laut.

Masdar City, Abu Dhabi
Abu Dhabi juga memiliki kota masa depan, diberi nama Masdar City. Kota ini dapat menampung 50 ribu penghuni. Tidak hanya itu, kota ini pun dirancang sangat ramah lingkungan dan iklim. Prinsip kelestarian lingkungan diwujudkan dengan penggunaan air yang 80 persen lebih hemat dibandingkan kota konvensional. Sampah di kota ini pun 100 persen di daur ulang dan nom persen emisi gas karbon dioksida. 

Earth-scraper, Meksiko
Pernah melihat gedung yang dibangun di bawah tanah? Jika belum, mungkin Anda harus melihat Earth-scraper, yakni sebuah gedung yang dibangun di bawah tanah tepatnya di alun-alun utama Mexico City, Meksiko. Gedung ini memiliki tinggi 65 lantai dengan kedalaman 300 meter di bawah tanah. 

Mumbai Industrial Corridor, India
Koridor ini memiliki luas sekitar 920 mil (1.480 km), di mana tempat ini akan membuat India menjadi produsen barang-barang termurah di dunia. Di dalam koridor sudah disediakan satu set rel modern yang digunakan untuk mengangkut barang-barang langsung menuju bandara atau pelabuhan. RIN