TOPIK UTAMA

Menoreh (Kembali) Sejarah di Pentas Dunia

Administrator | Senin, 10 September 2018 - 11:35:05 WIB | dibaca: 123 pembaca

Indonesia kembali mencatatkan tinta emas di kancah industri real estat dunia. Kali ini dengan terpilihnya Ketua Umum Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (REI) yang juga President FIABCI Indonesia, Soelaeman Soemawinata sebagai FIABCI Asia Pacific President atau Presiden FIABCI se-Asia Pasifik untuk periode 2018-2019.

Sebelumnya, dua putra terbaik Indonesia yang pernah menjadi pimpinan real estat sejagat itu adalah Ir. Ciputra yang menjabat World President FIABCI dan Teguh Satria (Almarhum) yang juga terpilih sebagai Presiden FIABCI Asia Pasifik periode 2011-2012.

Selain itu, Indonesia juga terpilih sebagai Tuan Rumah FIABCI Asia Pacific Real Estate Cogress (APREC) 2019 yang direncanakan berlangsung di ICE BSD Serpong dan Bali.

Lalu apa sebenarnya FIABCI itu?
FIABCI adalah akronim bahasa Perancis “Federation Internationale des Administrateurs de Bien-Conselis Immobiliers”, yang berarti Federasi Realestat Internasional (International Real Estate Federation). Ini adalah federasi yang menjadi jaringan bisnis para profesional real estat di seluruh dunia.

Federasi real estat yang bermarkas di Perancis ini didirikan pada 1948, dan telah melayani Global Real Estate Community selama lebih dari 69 tahun. Indonesia mulai bergabung dalam FIABCI sejak 1977.

Saat ini anggota FIABCI mencakup 65 negara, termasuk 100 asosiasi profesional, 65 institusi akademik serta 3.000 anggota individu dari semua profesi di sektor real estat. World President FIABCI saat ini adalah Farook Mahmood dari India.

Dalam situs resmi FIABCI dikutip bahwa federasi ini menyediakan akses dan kesempatan bagi profesional real estat yang tertarik untuk mendapatkan pengetahuan, berbagi informasi dan melakukan bisnis internasional satu sama lain. Anggotanya mewakili semua disiplin real estat tidak hanya pengembang, namun juga pialang, manajemen properti, penilai, arsitek, property agent dan perencana kota.

Anggota FIABCI terlibat dalam beragam jenis usaha di sektor real estat dari pengembang kawasan bisnis, perumahan, ritel, komersial, hotel dan resort, kawasan industri dan lain-lain. Sedangkan aktivitasnya meliputi jaringan global, pengembangan bisnis internasional, pendidikan dan advokasi di industri real estat global.

Meski tidak memiliki tujuan dan kepentingan politik, namun FIABCI adalah organisasi industri real estat yang paling representatif di dunia dan memegang status konsultatif khusus dengan Ekonomi dan Dewan Sosial (ECOSOC) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Anggota Muda
FIABCI juga mengakomodir anak-anak muda di bawah 35 tahun yang bekerja di bidang real estat melalui FIABCI Young Members.

Anggota muda FIABCI ada di seluruh dunia dan merupakan bagian integral FIABCI. Mereka memiliki akses penuh terhadap peluang pengembangan jaringan dan bisnis dalam organisasi.

Mereka diperbolehkan menjadi anggota FIABCI dengan membayar keanggotaan separuh. Di sinilah tempat bagi para anggota muda FIABCI dapat saling bertemu dan bertukar pengalaman.

FIABCI Young Members memiliki sejarah panjang dalam mendukung pengembangan karir pelaku bisnis muda di industri real estat melalui pendampingan dan pembelajaran. Secara teratur diselenggarakan tur studi dan lokakarya dengan akses istimewa ke proyek-proyek real estat kaliber internasional maupun para ahli di bidang real estat. RIN