Berita

Modal Awal Tapera Diusulkan Rp2,5 Triliun

Administrator | Rabu, 05 April 2017 - 11:05:34 WIB | dibaca: 383 pembaca

pembiayaan perumahan.IST

JAKARTA — Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mengusulkan agar Badan Pengelolaan Tabungan Perumahan Rakyat atau BP Tapera diberi modal awal Rp2,50 triliun dalam anggaran pendapatan belanja negara.

Menteri  Pekerjaan  Umum  dan Perumahan Rakyat Basoeki Hadimuljono berharap  supaya  dana  tersebut  dapat dianggarkan  dalam  APBN  Perubahan 2017 atau APBN 2018. Namun, pihaknya bersama  empat  anggota  Komite  Tapera masih  akan  melakukan  pengkajian mengenai  besaran  dana  tersebut. “Ini  masih  usulan  awal  dan  belum disetujui, kami masih akan audit dulu aset awal yang akan dikelola dalam BP Tapera dari  Bapertarum  [Badan  Pertimbangan Tabungan  Perumahan],”  katanya.

Basoeki menuturkan, nantinya tapera akan  menjadi  tabungan  masyarakat umum  baik  pegawai  negeri  maupun swasta  sehingga  dalam  pengelolaannya dipastikan  tidak  mengambil  dari  dana yang terhimpun. Hal itu yang membuat adanya  usulan  modal  awal  tersebut. Menurutnya, audit akan dilaksanakan dalam 2 bulan ke depan sehingga akan terlihat aset keseluruhan dari Bapertarum untuk selanjutnya diambil angka kewajaran permintaan  modal  awal.

Sumber: Bisnis Indonesia