Berita

Pengembang Godok Formula Agar Sektor Informal Bisa Bankable

Administrator | Rabu, 04 Januari 2017 - 11:13:49 WIB | dibaca: 714 pembaca

pekerja informal.ist

JAKARTA - Sektor informal selama ini acap kali kesulitan dalam mendapatkan persetujuan kredit pemilikan rumah (KPR). Untuk itu, para pengembang yang tergabung dalam Realestat Indonesia (REI) saat ini tengah menggodok aturan agar pekerja informal bisa mendapat akses ke perbankan. "Ada satu lagi yang secara lembaga belum mendapatkan aturan clear mengenai perumahan untuk sektor informal," ujar Ketua Umum DPP REI Soelaeman Soemawinata.

Selama ini, sektor pekerja informal memang dinilai tidak bankable. Sebab, bank memiliki prinsip kehati-hatian (prudent) dalam menyalurkan kreditnya. "Jadi, sektor informal ini masih harus dibahas lagi lah ya. Di satu sisi bank menganut prudent, sementara ini masyarakat yang harus mendapatkan rumah," jelasnya. 

Untuk itu, pihaknya saat ini tengah berupaya menggodok suatu formula agar pekerja sektor informal bisa bankable, namun di satu sisi perbankan tetap tidak melupakan prinsip kehati-hatiannya (prudent). "Saya kira ini harus dijalankan dan fokus di pengembangan perumahan target utama, saya ke depan akan fokus ke situ. Secara industri, properti juga harus punya peran sebagai penggerak ekonomi nasional. Kita juga punya peran membangun rumah rakyat," tuturnya.
 
Sumber: Okezone.com