Berita

Perampingan Hak Diapresiasi

Administrator | Kamis, 08 Desember 2016 - 12:06:43 WIB | dibaca: 517 pembaca

JAKARTA ‚ÄĒ Kalangan pengusaha menyambut baik penyederhanaan jenis alas hak atas lahan melalui Rencana Undang-Undang Pertanahan karena akan menyelesaikan persoalan yang selama ini diakibatkan oleh banyaknya jenis hak tersebut.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi B. Sukamdani mengatakan, rencana pemerintah bersama parlemen untuk merampingkan beragam jenis alas hak atas tanah di Indonesia menjadi hanya dua jenis, yakni hak milik dan hak pakai, adalah langkah yang tepat.
Dia menuturkan, selain hak milik, pada prinsipnya sejak semula tidak ada perbedaan mendasar antara beragam jenis hak lain yang saat ini berlaku di Indonesia.

Oleh karena itu, penyatuan beragam jenis hak tersebut ke dalam hak pakai merupakan langkah penyederhanaan yang tepat. Selama ini, pembedaan jenis hak atas tanah yang diberikan negara kepada masyarakat, antara lain hak guna usaha (HGU), hak guna bangunan (HGB), dan hak pakai, telah menimbulkan perbedaan sikap dan persepsi masyarat terhadap tiap-tiap hak.
 
 Sumber: Bisnis Indonesia