Berita

Perlu Zona Khusus Perumahan Rakyat

Administrator | Senin, 27 Mei 2019 - 10:31:35 WIB | dibaca: 144 pembaca

Foto: Istimewa

Adanya zona perumahan Rakyat dalam RDTR diyakini memberi akses lebih luas bagi MBR untuk memiliki rumah di dekat atau di tengah pusat kota.

Laju urbanisasi harus dikelola dengan baik sehingga memberikan manfaat yang lebih besar untuk pertumbuhan ekonomi. Apalagi sekitar 68% penduduk Indonesia diperkirakan tinggal di perkotaan pada 20125.

Merujuj data World bank, 1% laju urbanisasi meningkatkan 4% dari produk domestik bruto (PDB) per kapita masyarakat Indonesia. Padahal negara-negara lain, seperti Thailand dan Vietnam, 1% laju urbanisasi dapat mendorong 7%-8% PDB per kapita penduduk mereka.

"jadi, rencana tata ruang perkotaan ke depan harus memberikan keberpihakan dan kepastian bermukim untuk MBR (masyarakat berpenghasilan rendah) dan kaum miskin kota. Harus ada inovasi seperti zona perumahan rakyat dalam Rencana Detail Tata Ruang (RDTR), terutama di kota yang menjadi sasaran urbanisasi," kata Ketua Umum DPP Realestat Indonesia (REI) Soelaeman Soemawinata, sesuai adara Pelatihan Penyusunan Rencana Detail Tata Ruang dan Peraturan Zonasi, yang diselenggarakan Ikatan Ahli Perencanaan (IAP) DKI Jakarta, Jumat (26/4).

Sumber : 
Media Indonesia
Selasa, 7 Mei 2019
Hal: 15