Berita

Pertumbuhan Properti Tersandung Pilkada

Administrator | Jumat, 09 Desember 2016 - 11:21:42 WIB | dibaca: 438 pembaca

properti.ist

JAKARTA- Pasar properti diprediksi melejit pada semester II-2017 dengan pertumbuhan 20% dibandingkan setahun sebelumnya. Kini, sektor properti tertahan karena adanya hajatan politik pemilikan kepala daerah (pilkada) serempak 15 Februari 2017.

“Sebenarnya properti sudah mulai pulih, tapi karena properti rentan terhadap keamanan, kami perkirakan situasi pilkada berdampak pada pertumbuhan properti, terutama Jakarta. Kami perkirakan properti tumbuh cepat mulai semester II tahun 2017,” kata Chief Executive Officer (CEO) Indonesia Property Watch (IPW) Ali Tranghanda.

Ali mengatakan, sebenarnya pasar properti sudah mulai tumbuh saat ini, mengingat sebelumnya properti melambat drastis. Akhir tahun ini, properti seharusnya sudah mulai bangkit.

“Tetapi karena situasi politik keamanan yang belum stabil akibat pilkada pertumbuhannya tertunda sampai Juni mendatang,” tukasnya.

Beberapa pendongkrak kenaikan properti, kata Ali, di antaranya adalah komitmen Presiden Joko Widodo dalam menggenjot pembangunan infrastruktur seperti jalan tol. Proyek itu antara lain, tol Becakayu, Cimanggis Cibitung, Trans Sumatra, dan tol Makasar-Manado. Lalu, pembangunan LRT, kereta api, waduk, dan pelabuhan dan lainnya.
 
Sumber: Beritasatu.com