Internasional

Pro Properti Mancanegara

Administrator | Rabu, 18 Mei 2016 - 14:02:34 WIB | dibaca: 1128 pembaca

“Sejalan pemberlakuan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) banyak negara yang memberikan kemudahan untuk orang asing berinvestasi di negerinya”

Di era pasar bebas dunia maupun kawasan seperti MEA yang baru berlaku akhir 2015 lalu, tantangan maupun potensi pasar menjadi kian luas termasuk di sektor properti. Negara-negara seperti berlomba memberikan kemudahan untuk dapat menarik investasi maupun konsumen dari luar negeri.

Sejak beberapa tahun lalu di Indonesia sendiri telah banyak pengembang maupun broker yang berpameran untuk menawarkan aneka properti dari berbagai negara. Yang pasti saat ini di era globalisasi dan pasar bebas membuat peluang investasi juga menjadi lebih luas tidak hanya di dalam negeri tapi menjadi lebih global.

Menurut Monica Nardi, CEO RE/MAX Indonesia, perusahaan broker agen dari Amerika, pemberlakuan MEA telah membuat investasi di sektor properti semakin besar dan membuat pemain yang terlibat mencakup dari seluruh dunia. Hal ini menjadi tantangan tersendiri sehingga kita tidak bisa lagi berpikiran lokal dan harus memiliki wawasan global untuk memenangkan pasar.

“Kami sendiri sebagai profesional broker agent tidak bisa lagi hanya menawarkan produk lokal tapi harus bisa juga menawarkan produk properti dari berbagai negara maupun menjual produk lokal untuk orang asing. Jadi sebagai broker sekarang tidak bisa lagi jago kandang dan ini berlaku hampir di setiap sektor industri terlebih properti,” katanya di sebuah acara seminar mengenai How to Buy/Sell International Properties di Jakarta, Februari 2016.

RE/MAX sendiri saat ini sudah hadir di 100 negara dunia sehingga memiliki jaringan maupun koneksi yang sangat luas. Terjadinya foreign direct investment di bidang properti akan kian menguntungkan bagi bisnis dan ini harus disikapi dengan management system, training, hingga sistem IT yang mumpuni untuk pengembangan transaksi properti dunia.

Beberapa gambaran mengenai plus-minus bisnis maupun investasi properti di berbagai dunia bisa kita dapatkan dari berbagai profesional sebagai berikut:

SINGAPURA

Menurut Allen Jordan dari RE/MAX Singapura, pemerintah Singapura mengeluarkan aturan untuk meredam kepemilikan properti untuk orang asing. Tapi di sisi lain dengan kebijakan pengetatan ini justru membuka peluang investasi di segmen komersialnya dan ini belum diatur secara mendetil sehingga warga negara asing memiliki kesempatan untuk berinvestasi di sektor ini di Singapura.

“Saat ini pajak pembelian properti komersial di Singapura jauh lebih rendah dibandingkan pajak hunian. Harga sewa komersial di Singapura juga selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya apalagi Singapura juga merupakan negara dengan situasi ekonomi, sosial, dan politik yang sangat stabil,” ujarnya.

Pemerintah Singapura juga tengah mengembangkan kawasan kota mandiri Tanjong Pagar yang menjadi hot spot investment. Sejumlah pengembang ternama tengah bersiap untuk mengembangkan kota mandiri lainnya yaitu Jarong yang diyakini akan menjadi CBD kedua dan menjadi investasi paling menjanjikan di Asia. Singapura juga negara dengan fundamental ekonomi yang sangat kuat.

KOREA SELATAN

Justine Yu dari RE/MAX Korea memaparkan bagaimana gurihnya investasi properti di Korea Selatan (Korsel). Menurutnya, salah satu hal utama dari negeri ginseng ini dilirik asing adalah karena destinasi wisatanya yang sangatmenawan. Hebatnya lagi pemerintah Korsel bukan hanya menawarkan pesona alamnya tapi sudah mengemasnya menjadi konsep wisata plus entertainment yang menarik.

“Jadi di negara ini bukan hanya mengembangkan kawasan wisata tapi juga mengintegrasikannya dengan memadukan budaya dan sejumlah hiburan.  Bukan hanya itu, Korsel juga tengah mengembangkan kawasan mandiri di Busan yang akan dibangun bermacam super blok dan pusat-pusat hiburan. Yang juga penting yang membuat negara rujukan industri K-Pop ini sangat menarik adalah penetapan pajak yang lebih rendah untuk orang asing,”  jelasnya.

AUSTRALIA

Negara ini juga menawarkan peluang investasi yang sangat menarik dengan memberikan berbagai kemudahan untuk investor asing. Bahkan, pemerintah Australia berperan sebagai penjamin bagi warga asing yang mau memiliki properti di negara ini.

“Salah satu daya tarik bagi orang asing yang mau membeli properti di Australia adalah cukup menyiapkan dana 10 persen dari harga propertinya. Harga propertinya juga jauh lebih murah dibandingkan dengan Singapura,” ucap Wigan Sugandi dari Capital Value International Group.

Hal ini telah membuat Australia sangat terkenal sebagai negara destinasi bagi pendatang maupun investor asing. Ini juga membuat pertumbuhan properti di negara ini menjadi peluang yang sangat menjanjikan dengan capital value yang jauh lebih tinggi bahkan dibandingkan dengan Indonesia.

AMERIKA

Negeri ini juga ternyata menawarkan investasi yang cukup menarik setelah industri propertinya “jebol” akibat bubble properties.  Menurut Director Global Development RE/MAX LLC, Nathan Brekken, Amerika memiliki daya tarik tersendiri khususnya bagi investor asing.

“Meskipun negara ini mengalami dampak krisis ekonomi yang paling dahsyat, tapi Amerika dapat kembali pulih dan khusus sektor propertinya bisa kembali bergairah. Amerika merupakan kiblat pertumbuhan bisnis dunia, jadi dari segala penjuru dunia semuanya memimpikan bisa memiliki properti di Amerika,” imbuhnya.

Amerika juga menetapkan kebijakan transparan bagi pelaku bisnis sehingga memberikan jaminan kepastian mengenai pajak maupun aturan lainnya dengan sangat jelas.