Kilas Berita

Propan Raya dan REI Kerjasama Pelatihan Pengecatan

Administrator | Selasa, 19 Maret 2019 - 13:28:56 WIB | dibaca: 33 pembaca

Sejak dicanangkan oleh Presiden Jokowi, Program Sejuta Rumah (PSR) bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) mendapat dukungan penuh dari Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (REI). Kerjasama pun dilakukan REI dengan berbagai pihak supaya program merumahkan rakyat ini dapat terealisasi. Salah satunya kerjasama dengan perusahaan cat asli Indonesia, PT Propan Raya.

Penandatanganan kerjasama MoU antara PT Propan Raya dan DPP REI tentang pengembangan kompetensi kerja bagi sektor real estat di Indonesia dilakukan pada acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) REI 2018 yang berlangsung di Westin Hotel, Nusa Dua Bali, Rabu (5/12/2018).

Penandatanganan kerjasama ini dilakukan CEO PT Propan Raya, Kris Rianto Adidarma, Direktur PT Propan Raya Yuwono Imanto, dan Ketua Umum DPP REI Soelaeman Soemawinata.

Lewat MoU ini, Propan Raya akan mendukung program pelatihan pengecatan kepada para tukang yang akan membangun rumah-rumah di bawah kepengurusan REI secara gratis.

“Kami sangat berterimakasih kepada PT Propan Raya, karena dengan adanya kerjasama ini akan membuat kualitas rumah MBR menjadi lebih baik, karena tukang jadi memiliki keahlian yang benar dan tepat terutama mengenai teknik pengecatan yang benar,” kata Soelaeman Soemawinata yang akrab disapa Eman tersebut, usai penandatanganan MoU.

Sebenarnya, edukasi pengecatan bagi para tukang telah dilakukan PT Propan Raya sejak lama. Program ini telah dilakukan bagi para tukang di bawah kontraktor, developer, arsitek, dan tukang mandiri (individual). Bahkan Propan Raya juga sudah mengadakan program ketukangan ini dengan Pemprov DKI Jakarta melalui program pengecatan bagi para Pekerja Harian Lepas (PHL).

“Program pelatihan pengecatan bagi para PHL ini telah dilakukan sejak tahun 2016, serta telah dilakukan sebanyak 7 kali di 7 tempat berbeda di Jakarta,” ujar Direktur PT Propan Raya Yuwono Imanto.

Sama halnya dengan program PHL, kata dia, diharapkan adanya pelatihan tukang di bawah kepengurusan REI akan membuat para tukang lebih ahli dan menaikkan taraf hidup mereka. Karena semakin ahli, maka diharapkan semakin besar penghasilan yang akan mereka peroleh.

Inovasi Produk
Selain penandatanganan MoU dan mendukung terselenggaranya Rakernas REI 2018, di acara tersebut PT Propan Raya juga turut memamerkan berbagai macam produk catnya yang siap memberikan keindahan dan perlindungan bagi bangunan. Bahkan, produsen cat ini mengembangkan inovasi produk cat demi mendukung terwujudnya rumah MBR dengan harga yang terjangkau tetapi tetap berkualitas. Nama catnya adalah Cemento C-7.

Cemento C-7 adalah cement paint yang sangat efisien, dan dapat langsung diaplikasikan di atas beton atau plesteran yang masih lembap (kelembapan <16%), dimana alkali pada dinding masih sangat tinggi. Hal ini tidak dapat dilakukan oleh cat biasa, karena akan membuat dinding yang sudah dicat jadi bermasalah, seperti bercak-bercak putih, cat menggelembung, dinding ompol, dan masih banyak lagi.

“Yang menarik, inovasi cat yang dikembangkan PT Propan Raya ini bersifat waterproofing, sehingga tak hanya memberi keindahan pada bangunan tetapi sekaligus dapat memberikan perlindungan,” ucap CEO PT Propan Raya Kris Rianto Adidarma.

Keunggulan lainnya adalah cat ini memiliki alkali resisten (tidak perlu alkali sealer), memiliki lotus effect sehingga water repellent, bisa menghemat waktu pengerjaan karena dapat diaplikasi pada beton atau plesteran yang masih lembap, serta ramah lingkungan. (Rinaldi)