RESENSI

Property Champion

Administrator | Selasa, 28 Mei 2019 - 10:51:08 WIB | dibaca: 129 pembaca

Foto: Istimewa

Satu lagi buku tentang industri properti beredar. Menariknya, buku yang berjudul Property Champion ini ditulis oleh dua pakar pemasaran properti yang dikenal luas sudah banyak makan “asam-garam” di bidang tersebut selama puluhan tahun yakni Darmadi Darmawangsa dan F. Rach Suherman.

Darmadi Darmawangsa adalah seorang motivator sekaligus pakar pemasaran properti. Dia pernah memimpin Asosiasi Realestat Broker Indonesia (AREBI) dan sudah menulis banyak buku. Sedangkan F. Rach Suherman sudah berpengalaman selama 15 tahun tanpa henti di industri properti, konsultan properti, juga seorang mentor pelatihan pemasaran properti kepada ribuan orang yang sebagian besar sudah menjadi property agent berpenghasilan besar.

Buku ini ditata dengan unik menggabungkan perubahan cara berpikir dan bertindak di dunia properti disertai dengan artikel-artikel yang berhubungan dengan perubahan mindset. Property Champion adalah buku pertama yang menggabungkan dua topik berbeda, yaitu Properti dan Motivasi. Buku ini dipersembahkan kepada Anda untuk menjadi  renungan, inspirasi, dan memberi semangat untuk meraih prestasi tertinggi Anda dalam menjalani peran apa pun di dunia properti.

Oleh karena itu, Property Champion menjadi buku wajib baca bagi pelaku properti khususnya seorang real estate agent profesional untuk menjadi seorang pemenang di tengah persaingan ketat dan pasar yang terus berubah.

Diungkapkan bahwa ketika orang tidak lagi mampu menciptakan inovasi pada kebutuhan properti masyarakat yang serba berubah, maka dia akan berdiri tegak dan membeku tanpa sempat lagi menjangkau masa depan. Begitu banyak cara indah untuk meraih sebuah kemenangan, sehingga kita tidak disebut sebagai pecundang.

Dalam buku ini, diungkapkan berbagai strategi dalam pemasaran properti dari A sampai Z, dari mulai bagaimana membangun mindset pemenang, menciptakan dan mempertahankan identitas (labeling), membuat nilai tambah pada produk, hingga inovasi marketing yang harus mengikuti perkembangan zaman.

Asyiknya, semua topik-topik tersebut diawali dengan ilustrasi kisah yang menimbulkan minat untuk terus membaca. Banyak pelajaran dan renungan yang dapat Anda tarik dari buku ini, sehingga jangan ketinggalan untuk membacanya.

Di akhir buku, kedua penulis berpesan supaya setiap orang berlomba menjadi bintang yang hebat. Tetapi ingatlah bahwa bekerja tidak semata-mata mencari uang. Anda harus mencari kebahagiaan.

Penulis memberi contoh seorang developer besar di Rusia bernama Sergei Gordeev ternyata bukan hanya berpikir tentang profit dan profit. Dia dikenal sebagai preservationist, yaitu orang yang berpikir untuk menjaga kelestarian sejarah. Dia membeli gedung-gedung tua bersejarah di Moskow untuk dibenahi sehingga tetap bisa terus dinikmati oleh anak bangsanya. Langkah itu justru membawa keberuntungan bagi bisnis propertinya, bukan sebaliknya.

Bagaimana pun, percayalah pada setiap usaha Anda tidak ada sedikit pun yang sia-sia. Jadilah pemenang dari sebuah inovasi bernilai tambah. Jika ingin memandang pelangi, melihatlah ke atas! (Rinaldi)