INFO REI

REI Dukung Percepatan Sertifikasi Tanah

Administrator | Rabu, 14 September 2016 - 11:27:45 WIB | dibaca: 804 pembaca

ilustrasi lahan (ist)

JAKARTA – Real Estat Indonesia (REI) mendukung langkah pemerintah mempercepat proses sertifikasi lahan dan rancangan umum tata ruang.

"Pak Sofyan Djalil (Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional/BPN) akan melaksanakan banyak terobosan di ATR,” kata Ketua Umum REI Eddy Hussy.

REI mendapatkan kesempatan bertatap muka dengan Sofyan Djalil dan jajarannya di Kementerian ATR, beberapa waktu lalu. Salah satu terobosan yang utama adalah penyelesaian Rancangan Umum Tata Ruang (RUTR) di setiap wilayah yang di dalamnya akan diatur zonasi untuk perumahan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Zonasi MBR ini akan dikunci Nilai Jual Obyek Pajak (NJOP) nya untuk memastikan perumahan MBR tersedia dan terjangkau. Selain itu, ATR juga akan melaksanakan pemetaan tanah. “Ada tiga wilayah yang menjadi prioritas Pak Sofyan yaitu Jakarta, Batam dan Surabaya,” tambah Eddy.

Setelah tiga wilayah tersebut, REI berharap seluruh wilayah di Indonesia akan memiliki RUTR yang jelas. Dalam pertemuan dengan Menteri, kata Eddy, ATR akan mempercepat penyelesaian proses sertifikasi tanah.
 
Sumber: Beritasatu.com