INFO DPD REI

REI Sosialisasikan Aturan Baru Pembangunan Rumah Subsidi

Administrator | Kamis, 18 Agustus 2016 - 13:24:50 WIB | dibaca: 1994 pembaca

ilustrasi pembangunan rumah (IST)

SUKOHARJO – Real Estat Indonesia (REI) Surakarta memperdalam pengetahuan anggotanya terkait regulasi baru berdasarkan Peraturan Menteri Perumahan Rakyat (Permenpupr) No 26/PRT/M/2016 mengenai proses perizinan perumahan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).
Hal itu dilakukan melalui seminar dan sosialisasi, Selasa (16/8), di Ommaya Hotel, Kecamatan Baki, Sukoharjo. Hadir sebagai narasumber, Ketua DPD REI Jateng, MR Priyanto berpendapat penting bagi setiap pengembang memahami setiap regulasi baru.

“Karena tanpa mengetahui detail regulasi perizinan yang diterapkan secara nasional, kita pasti akan berjalan dengan terseok-seok. Seperti sebelumnya kita menyambut baik adanya program Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) dari pemerintah. Namun ternyata kemudian kita dikagetkan dengan berita bahwa dana FLPP menipis. Memang masih ada Perbankan yang memiliki cadangan dana, namun secara umum dana FLPP ini menipis,” ujarnya.

Terkait hal itu, lanjut Priyanto, kemudian pemerintah menyambung program tersebut dengan program subsidi selisih bunga (SSB). “Sebenarnya program ini tidak jauh berbeda dengan program FLPP, hanya saja terkait prosedur izinnya dirasa cukup berbelit-belit. Maka kami sudah membahas bagaimana untuk menyederhanakan perizinan ini,” paparnya.

Sumber: Joglosemar.co