Kilas Berita

Sejumlah Tokoh Properti Dianugerahi RCA 2017

Administrator | Rabu, 07 Februari 2018 - 13:58:38 WIB | dibaca: 135 pembaca

Dewan Pengurus Daerah (DPD) Realestate Indonesia DKI Jakarta bekerja sama dengan Majalah Indonesia Housing dan iKreatif untuk pertamakalinya menggelar acara malam penganugerahan “Realestate Creative Awards (RCA) 2017”. Sejumlah pejabat dan tokoh di bidang perumahan dan properti dianugerahi apresiasi tinggi dalam malam penganugerahan yang berlangsung pada 11 Agustus 2017 di JW Luwansa Hotel, Kuningan, Jakarta Selatan.

Selain tokoh, RCA 2017 juga diberikan kepada perusahaan pengembang, kontraktor, bank dan non bank, institusi pemerintah, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), lembaga pe0ndidikan dan stakeholders terkait industri properti lain.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang hadir pada malam itu diberikan penghargaan sebagai Initial Figure of Housing Infrastructure in Indonesia atau Bapak Pendobrak Infrastrutur Perumahan Nasional.

Tokoh lainnya adalah Cosmas Batubara yang memperoleh penghargaan RCA Lifetime Achievement, Ketua Umum Realestat Indonesia (REI) Soelaeman Soemawinata memperoleh penghargaan Top Devoted Association Leader for Public Housing, serta The HUD Institute sebagai lembaga swadaya masyarakat yang konsisten memperjuangkan isu-isu penyediaan rumah bagi MBR.

Menteri PUPR dinilai telah berhasil menggagas dan menggerakkan kembali pengembangan Kota Baru Publik Maja di perbatasan Provinsi Banten dan Jawa Barat bersama berbagai pihak, dimana Kementerian PUPR mendukung dalam penyediaan akses jalan sepanjang 37 kilometer dan penyediaan air baku.

Menteri Basuki juga dinilai konsisten menggencarkan pembangunan infrastruktur dan perumahan di berbagai daerah yang selama ini kurang diperhatikan. “Saya tidak menyangka karena Panitia tidak memberitahu saya akan mendapat penghargaan,” ujar Menteri PUPR. Pada kesempatan itu, Menteri Basuki juga mengapresiasi dukungan REI dalam menyukseskan Program Satu Juta Rumah terutama rumah bagi MBR.

Adapun Cosmas Batubara dinilai sebagai tokoh perumahan nasional senior. Dia memiliki pengalaman lengkap; eksekutif dan praktisi di bidang realestat serta mampu mengembangkan keilmuan dengan berbagai generasi muda di ranah pendidikan.

Sementara Soelaeman Soemawinata dinilai telah memberikan perhatian yang cukup besar terhadap pembangunan rumah rakyat. Eman, demikian dia akrab dipanggil, rutin blusukan untuk memonitoring langsung pembangunan rumah subsidi di daerah.

“Kami melihat dedikasi dan perhatian yang sangat luas untuk berkontribusi nyata mendukung Program Sejuta Rumah yang dicanangkan pemerintah. Beliau juga memprakarsai slogan ‘REI Garda Terdepan Membangun Rumah Rakyat’ yang memacu semangat banyak anggota REI di daerah,” ungkap Pemimpin Redaksi Majalah Indonesia Housing, Zal Hanif mengenai alasan pemberian anugerah RCA 2017 kepada Eman.

Usai menerima penghargaan, Menteri Basuki didaulat berduet dengan penyanyi senior Ikang Fawzi untuk memperlihatkan aksinya bermain drum. Menteri PUPR bersama Ikang Fawzi yang juga Wakil Ketua Umum DPP REI dan Pemimpin Redaksi Majalah RealEstat sempat membawakan tiga lagu, yakni lagu Bento milik Iwan Fals, Rumah Kita milik God Bless hingga lagu kawakan Queen yang diiringin gebukan drum Pak Menteri. TPW