Jalan-Jalan

Tao Toba Makin Memikat

Administrator | Selasa, 09 Oktober 2018 - 11:03:38 WIB | dibaca: 21 pembaca

Foto: Istimewa

Danau Toba atau dalam bahasa setempat disebut Tao Toba adalah salah satu destinasi wisata kebanggaan nasional yang sudah masyhur hingga mancanegara. Danau ini melintasi tujuh kabupaten yang ada di Provinsi Sumatera Utara dan dianggap sebagai berkah dari Tuhan khususnya bagi masyarakat yang berdiam di sekitarnya sejak dahulu hingga saat ini.

Sulit mencari tempat istimewa dengan keindahan yang abadi seperti Danau Toba. Di sini Anda dapat menikmati paduan antara air danau yang biru jernih dikelilingi dengan dindingdinding kaldera curam yang meliuk-liuk dengan beberapa teluk terpencil yang indah. Desa-desanya semuanya menawarkan pemandangan nan mempesona. Bahkan banyak orang bilang ada daya mistis begitu tiba dan menyaksikan indahnya danau ini.

Tidaklah salah bila Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menetapkan Danau Toba sebagai salah satu dari 10 “Bali Baru” yang diharapkan membawa nama Danau Toba semakin harum di panggung wisata dunia. Wonderful Danau Toba, begitulah slogan yang kini digaungkan pemerintah.

Danau Toba terbentuk akibat aktivitas vulkanik gunung berapi yang termasuk Super Vulcan, yaitu Gunung Toba yang diperkirakan terjadi sekitar 75.000 tahun yang lalu. Letusan yang maha dahsyat membentuk kaldera besar yang kemudian terisi air, sekaligus akibat tekanan ke atas oleh magma yang belum keluar menyebabkan munculnya daratan (pulau) di tengah-tengah danau yang dikenal sebagai Pulau Samosir.

Dengan panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer, Danau Toba tercatat sebagai danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara, juga danau terbesar kedua di dunia setelah Danau Victoria di Afrika. Danau Toba juga termasuk sebagai danau terdalam di dunia dengan kedalaman mencapai 450 meter. Wow.

Banyak aktivitas yang dapat Anda lakukan di danau ini selain memandangi keindahannya yang seakan tak pernah luntur dihapus zaman. Tersedia banyak sekali pengelola permainan air seperti bermain jetski, banana boat, perahu, menyaksikan balap perahu atau menikmati seni budaya setempat yang mengagumkan.

Tapi bila Anda ingin melihat rumah asli atau penasaran dengan jejak sejarah masa lampau orang Batak Toba, pergilah menyeberang dengan kapal feri dari Parapat ke Pulau Samosir. Di pulau yang berada di tengah-tengah Danau Toba dan memiliki luasnya hampir sama dengan Negara Singapura itu terdapat banyak desa-desa tradisional dan kuburan batu yang wajib Anda saksikan.

Oh ya, saat ini akses untuk menuju ke Danau Toba semakin mudah. Selain dari jalur darat melalui Medan dengan jarak tempuh 4-5 jam, Anda juga sudah bisa langsung terbang dari Bandara Soekarno-Hatta Jakarta ke Bandara Silangit dengan waktu tempuh hanya dua jam. Beberapa maskapai penerbangan yang sudah membuka rute penerbangan ke Silangit adalah Garuda, Wings Air dan Sriwijaya Air.

Bandara Silangit merupakan bandara terdekat dengan Danau Toba, setidaknya hanya butuh waktu 30 menit dari bandara tersebut untuk sampai di Parapat. Anda bisa menggunakan taksi atau mobil carteran yang banyak beroperasi di bandara tersebut.

Agar sempurna menikmati keindahan abadi Danau Toba, mungkin satu hari tidaklah cukup. Kita harus meluangkan waktu beberapa hari suoaya dapat menjelajahi semua tempat wisata yang ada di sana. Banyak penginapan, hotel dan resort yang beroperasi di sekitar Danau Toba seperti di Parapat, Samosir, Ambarita dan Tuktuk.

Berikut beberapa objek wisata menarik yang wajib Anda kunjungi bila berwisata di sekitar Danau Toba yang sengaja kami pilih dan rangkum buat pembaca.

Simarjarunjung
Dari Simarjarunjung ini pengunjung dapat menyaksikan keindahan Danau Toba secara lebih jelas. Terlihat kontur Bukit Barisan yang berbaris rapi di pinggiran Danau Toba. Pemandangan yang disuguhkan sungguh indah, se-hingga banyak fotografer yang memilih tempat ini untuk hunting foto, juga masyarakat yang ingin ber-selfie ria.

Haranggaol
Di Haranggaol, selain bisa menikmati wisata alam, di tempat ini Anda juga bisa melihat peternakan ikan yang dikelola masyarakat setempat dengan cara tradisional.

Tongging
Desa Tongging lokasinya dekat dengan Air Terjun Sipiso-Piso. Air terjun tersebut memiliki tinggi 120 meter. Air terjun ini terbentuk dari sungai bawah tanah Plato Karo.

Tanjung Unta
Tempat wisata ini memang bentuknya seperti unta yang sedang istirahat. Nama ini diberikan Proklamator Mohammad Hatta yang pernah ditahan di Parapat. Di sini Anda dapat menikmati wisata keluarga seperti memancing ikan, bermain jetski dan wisata air lainnya.

Pulau Sibandang
Pulau Sibandang berada di Kecamatan Muara, Tapanuli Utara yang dikelilingi oleh Danau Toba. Dari pulau ini kamu bisa menikmati keindahan Danau Toba dari segala penjuru. Untuk menuju pulau ini kamu bisa menyewa kapal yang banyak disewakan oleh penduduk sekitar pulau.

Pusuk Buhit
Pusuk Buhit adalah nama salah satu puncak tertinggi di pinggir barat Danau Toba. Dalam mitologi suku Batak Toba, puncak atau bukit ini dipercaya sebagai asal mula “kelahiran” suku tersebut. Di tempat ini kamu bisa melihat panorama alam serta air terjun yang cukup indah.

Tuk Tuk
Tuk tuk terletak di semenanjung Pulau Samosir dan dikenal sebagai desa yang sangat eksotis di pesisir Danau Toba. Tempat ini paling diminati untuk dikunjungi oleh para turis asing maupun lokal selama mereka berlibur di Pulau Samosir, selain Tomok.

Tomok
Tempat ini terkenal bagi mereka yang gemar berbelanja. Berbagai souvenir khas Batak Toba dijual disini. Pengunjung juga dapat melihat patung menari atau Sigale-Gale atau menyaksikan fenomena Batu Marhosa atau batu bernafas.

Kota Balige
Tak lengkap kunjungan Anda ke Tanah Batak bila tidak mengunjungi Museum Batak di Kota Balige (sekitar 2 jam dari Parapat). Di kota ini sempatkan pula berziarah ke makam Pahlawan Nasional Sisingamaraja XII. RIN